Pada Triwulan pertama di tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya Pengadilan Agama Ternate melaksanakan kegiatan sidang keliling. Kegiatan yang rutin dilaksanakan beberapa kali dalam setahun ini tentunya dimaksudkan untuk menjangkau dan melayani masyarakat pencari keadilan yang secara geografis letaknya jauh dari Kantor Pengadilan Agama setempat.

Pagi itu Kamis, 01 Februari 2018 Masehi bertepatan dengan tanggal 15 Jumadil Awwal 1439 Hijriyah, seluruh team pelaksana Sidang Keliling yang beranggotakan 15 orang dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Ternate itu berkumpul di pelabuhan Gamalama samping Masjid Agung Al-Munawwar Kota Ternate. Setelah semua anggota team berkumpul, pukul 07.15 WIT bergerak naik perahu Speedboat yang telah dicarter untuk menuju ke pelabuhan Sidangoli. Perjalanan laut yang ditempuh selama sekitar 45 menit ini cukup menguji adrenalin. Pasalnya pagi itu kondisi air laut sedang pasang dan ombaknya pun cukup besar. Tak ayal, beberapa penumpang (terutama wanita) ada yang sempat pucat raut wajahnya karena rasa takut.

Tepat pukul 08.00 WIT, Speedboat yang ditumpangi merapat bersandar di pelabuhan Sidangoli. Setelah disambut oleh beberapa personil dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Jailolo Selatan, team melanjutkan perjalanan darat menuju ke Gedung Kantor urusan Agama Kecamatan Jailolo Selatan yang berjarak sekitar 1 Km menggunakan mobil dan beberapa orang lebih memilih naik Bentor (Becak Motor). Setelah beramah-tamah sebentar, ceremonial acara pun dimulai. Turut hadir dalam acara ceremonial itu adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Barat Drs. Nasaruddin Aly, M.M.

Ketua Pengadilan Agama Ternate Drs. H. Mukhtar, S.H., M.H dalam sambutannya mengatakan bahwa gelaran sidang keliling ini bertujuan untuk mempermudah sekaligus menghemat biaya bagi masyarakat pencari keadilan dalam kaitannya dengan masalah yang harus diselesaikan melalui putusan/penetapan Pengadilan. Tak lupa, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Barat dari tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan yang telah membantu dan menjalin kerjasama dengan pihak Pengadilan sehingga acara gelaran sidang keliling ini bisa terwujud.

Disisi lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Barat Drs. Nasaruddin Aly, M.M dalam sambutannya juga mengapresiasi atas kepedulian Pengadilan Agama Ternate dalam melaksanakan kegiatan ini. Beliau akan terus menjalin kerjasama ini demi kabaikan dan kemajuan Bersama. Di akhir sambutannya juga mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf atas tempat maupun sarana prasarana yang tersedia seadanya.

Pelaksanaan Sidang keliling kali ini khusus menangani perkara permohonan Itsbat Nikah, dengan jumlah 131 perkara, yang ditangani oleh 5 orang Hakim, 1 orang Panitera dan 4 orang Panitera Pengganti, serta 1 orang Jurusita.

Pukul 12.40 WIT gelaran sidang keliling tuntas dilaksanakan. Setelah menyantap menu makan siang bersama-sama, seluruh anggota team Sidang Keliling dari Pengadilan Agama Ternate lalu bersiap-siap untuk kembali ke Pulau Ternate, tempat dimana Kantornya berada.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

5 6 4 4 0
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
27
102
56440
0
5149
4736
56440
IP Anda : 54.196.38.114
2018-07-22 04:29